KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala Rahmat, sehingga kami dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini
dalam bentuk maupun isinya yang mungkin sangat sederhana. Makalah ini berisikan
tentang pengertian Seni Budaya terutama Seni Musik dan Teater.
Semoga
makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun
pedoman dan juga berguna untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca.
Makalah
ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat
kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan
masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Patimuan,
Maret 2015
Penyusun
ii
DAFTAR ISI
JUDUL................................................................................................ i
KATA PENGANTAR ........................................................................ ii
DAFTAR ISI ...................................................................................... iii
BAB I.
PENDAHULUAN…………………………………………...... 1
A. Latar Belakang .................................................................... 1
B. Tujuan.................................................................................. 1
C. Ruang lingkup...................................................................... 1
BAB II. SENI MUSIK........................................................................ 2
A. PengertianSeni
Musik........................................................... 2
B. Arasemen............................................................................. 2
C. Langkah-Langkah
Mengarasemen lagu................................. 3
D. Media Arasemen
lagu........................................................... 3
E. Unsur Arasemen................................................................... 4
BAB III. TEATER............................................................................... 8
A.
Pengertian Teater.................................................................. 8
B. Unsur Teater......................................................................... 9
C. Sejarah Teater....................................................................... 10
BAB IV. PENUTUP
........................................................................... 12
A. Kesimpulan ................................................................................. 12
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................... 13
iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seni berasal dari kata sani
(Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Kata tersebut
berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut
Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa Latin
disebut genius, artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.
Musik adalah urutan bunyi-bunyian
yang logis tetapi bukan logika dari suatu argumentasi, musik adalah suatu
himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu
padu dan mengkristalisasi. (Irwin Edman, filusuf Amerika)
Kata “teater” secara etimologi
adalah serapan dari bahasa Inggris “theater”, yang berarti “gedung pertunjukan
atau dunia sandiwara”. Kata “theater” diturunkan dari bahasa Yunani “teatron”
yang berarti “takjub melihat”.
B. Tujuan
Tujuan dalam
pembuatan makalah ini yaitu mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru
seni budaya.
C. Ruang
Lingkup
Dalam pembuatan
makalah ini saya hanya membahas tentang Seni musik dan Teater
1
BAB II
SENI MUSIK
A. Pengertian Seni Musik
Seni adalah keindahan. Musik
adalah suara yang teratur. Pengertian Seni Musik adalah keindahan yang
dihasilkan melalui suara. Karya Musik adalah hasil cipta seni musik.
Karya
musik dapat diwujudkan dalam beberapa bentuk, antara lain :
Lagu/nyanyian yaitu hasil karya cipta musik
yang berupa rangkaian nada yang dinyanyikan baik dengan atau tanpa syair.
Aransemen/iringan yaitu hasil karya cipta musik
yang berupa iringan musik yang digunakan untuk memperindah lagu
Campuran yaitu hasil karya cipta musik
yang berupa gabungan dari lagu dengan aransemennya.
Simbol penyajian karya music :
Merupakan
perlambang/makna dari penyajian karya musik
No.
|
Jenis-Karya (nama)
|
Bentuk
Penyajian
|
Makna/Simbul
|
1.
|
Vokal
|
Solo, Duet,
Trio, Vokal Group, Paduan Suara
|
Kedamaian,Keagungan,Kemegahan
|
2.
|
Instrumental
|
Solo, Duet,
Trio,Kwartet, Orkestra, Band
|
Melambangkan-kebersamaan
dan harmonisasi bunyi
|
3.
|
Campuran
|
Band,
Orkestra,Ensambel
|
Melambangkankebersamaan
dan harmonisasi bunyi
|
B.
Arasemen Musik
Aransemen
berasal dari bahasa Belanda Arrangement, yang artinya penyesuaian komposisi
musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen musik yang di dasarkan atas
sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah. Orang
yang melakukan aransmen lagu dikenal dengan sebutan Aranger atau pengaransmen.
Modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang arranger adalah menguasai pengetahuan
tentang harmoni.
2
v
Ada tiga jenis aransemen sebagai
berikut :
1.
Arasmen Vokal
Setiap lagu dapat
disusun aransmen khusus vokal, yaitu dalam dua suara, tiga suara, empat suara.
Untuk
menyusun aransmen vokal, yang paling mudah adalah menyusun atransmen lagu dalam
dua suara, karena untuk menyusun aransmen lagu dalam tiga dan empat suara ada
banyak persyaratan yang harus diperhatikan.
Untuk
memperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskan, setelah selesai disusun
aransmen lagunya kemusian dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama, apabila
dirasa kurang baik/memuaskan maka dapat dicoba lagi untuk menyusun aransmen
lagu tersebut hingga pada akhirnya diperoleh hasil yang sangat memuaskan.
2. Aransmen
Instrumen
Dalam
menyusun arransmen instrumen sangat berbeda dengan aransmen vokal. Untuk
menyusun aransmen instrumen kita harus menyesuaikan dengan alat-alat musik yang
dipergunakan. Semakin lengkap alat musik yang kita pergunakan, semakin banyak
pula kemungkinan variasi yang dapat diciptakan. Untuk menyusun aransmen
instrumen, kita harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akord.
Bagian-bagian
dari suatu aransmen musik dikenal dengan istilah Partituur ( Belanda ),
Partitura .( Italia
), Part ( Inggris ), Parte ( Perancis ). Dan dalam aransmen instrumen,
kebanyakan partitur dimainkan bergantian tugas, sedangkan dalam aransmen vokal
pada umumnya semua partitur umumnya berbunyi bersamaan.
3.
Aransmen campuran
Yang
dimaksud aransmen campuran adalah campuran aransmen vocal dan instrumen. Teknik
yang dilakukan adalah menggabungkan dua jenis arransmen yang telah ada.
Dalam aransmen campuran pada
umumnya yang ditonjolkan adalah vokalnya, sedanglan instrumennya berfungsi
untuk pengiring dan memeriahkan, sehingga pertunjukan yang disajikan bertambah
sempurna. Untuk mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransmen yang
telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau
conductor.
C. Langkah-langkah mengaransemen lagu:
a. Mengoleksi lagu atu musik Nusantara.
b. Memilih tema lagu atau lagu yang ingin diaransemen.
c. Mentraskripsikan lagu kedalam notasi.
d. Menentukan nada tertinggi atau terendah
e. Menentukan nada dasar, pola irama, dan melodi pokok serta seluruh melodi
f. Cobalah mengaransemen dengan bersenandung atau dengan menggunakan alat musik.
g. Nyanyikan secara berulang-ulang sehingga mendapatkan nada atau harmonisasi yang
a. Mengoleksi lagu atu musik Nusantara.
b. Memilih tema lagu atau lagu yang ingin diaransemen.
c. Mentraskripsikan lagu kedalam notasi.
d. Menentukan nada tertinggi atau terendah
e. Menentukan nada dasar, pola irama, dan melodi pokok serta seluruh melodi
f. Cobalah mengaransemen dengan bersenandung atau dengan menggunakan alat musik.
g. Nyanyikan secara berulang-ulang sehingga mendapatkan nada atau harmonisasi yang
enak
didengar.
D. Media Aransemen lagu.
Seorang arranger sebelum
mengaransemen lagu memerlukan beberapa media penunjang agar hasil aransemennya
terdengar lebih indah.
3
Beberapa
media penunjang tersebut, misalnya ;
1. Buku pranada
2. Buku-buku pengetahuan musik
3. Garputala
4. Kaset/VCD
5. Alat musiknya..
6. Tape recorder
7. Instrumen Harminis
E. Unsur Aransemen.
Aransemen
dalam musik adalah menata dan memperkaya sebuah komposisi musik, melodi, atau
lagu menjadi suatu gaya atau format yang baru dengan sentuhan kreatif pelaku
aransemen (arranger).
Media-yang-digunakan-dalam-membuat-aransemen-bermacam-macam,-dapat-berupa alat.musik.tunggal,.band,.paduan.suara,.hingga.orkesrtra.
♣…Teori.–.teori.musik.yang.harus.diketahui.untuk.menunjang.aransemen:
1.…Melodi
Melodi adalah rangkaian nada yang terdengar indah dan memiliki irama yang diatur sedemikian rupa oleh pencipta melodi tersebut. Melodi mempunyai peranan yang sangat penting. Jika dalam suat lagu / musik tidak ada melodi hanya irama saja maka akan terdengar-hambar.
2.….Nada
Nada adalah bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi yang bergetar dan memiliki frekuensi yang teratur. Frekuensi dapat diukur dengan menghitung jumlah getaran dalam satu detik ..……....
Nada adalah bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi yang bergetar dan memiliki frekuensi yang teratur. Frekuensi dapat diukur dengan menghitung jumlah getaran dalam satu detik ..……....
3. Tinggi.rendahnya.nada.(.pitch.)
Tinggi atau rendahnya suatu nada dipengaruhi oleh banyaknya frekuensi yang dihasilkan dalam satu detik. Semakin banyak frekuensi maka akan semakin tinggi nada yang dihasilkan-pula,.begitu.juga.sebaliknya.-------------
4.
.Interval
Interval adalah jarak satu nada ke nada lain. Setiap interval / jarak mempunyai nama dan arti.tersendiri..
Interval adalah jarak satu nada ke nada lain. Setiap interval / jarak mempunyai nama dan arti.tersendiri..
Berikut.ini.adalah.nama.interval.beserta.jarak.intervalnya.:
1.–.1.:.Intervalprime
1.–.2.:.Interval.secondo
1.–.3.:.Interval.terts
1.–.4.:.Interval.kwart
1.–.5.:.Interval.kwint
1.–.6.:.Interval.sekst
1.–.7.:.Interval.septim
1.–.1>.:.Interval.oktaf
1.–.1.:.Intervalprime
1.–.2.:.Interval.secondo
1.–.3.:.Interval.terts
1.–.4.:.Interval.kwart
1.–.5.:.Interval.kwint
1.–.6.:.Interval.sekst
1.–.7.:.Interval.septim
1.–.1>.:.Interval.oktaf
*.Contoh-:
1__2__3__4__5__6__7__1< Prime Secondo Terts Kwart Kwint Sekst-Septim.Oktaf. …
1__2__3__4__5__6__7__1< Prime Secondo Terts Kwart Kwint Sekst-Septim.Oktaf. …
4
5.…Harmoni.dan.Akor
Harmoni adalah paduan dari dua nada atau lebih yang tinggi rendahnya berbeda yang dibunyikan secara bersama-sama. Harmoni mempunyai peranan untuk menghidupkan melodi utama sehingga terdengar-meriah..Harmoni-juga-berfungsi-sebagai-pengiring-melodi.
Akor adalah gabungan tiga nada atau lebih yang mempunyai jarak tertentu. Akor juga sering disebut dengan sebutan kunci. Jarak antar nada inilah yang membedakan antara akor satu dan akor lainnya. Akor ada banyak sekali jenisnya, yang paling dikenal adalah akor mayor, minor, dan.Dominant.7.
Akor-akor yang digunakan dalam musik tradisi hampir semuanya sama dengan akor-akor yang digunakan pada musik modern yaitu akor mayor, akor minor dan Dominant 7. Ada beberapa musik daerah yang harmonisasinya berbeda dengan harmonisasi musik modern, salah satunya adalah musik gamelan. Gamelan memiliki tangga nada yang berbeda dari tangga nada diatonis, hal inilah yang membuat harmoni dalam-musik-gamelan-berbeda-dengan-musik-modern
6.….Pulsa./.Ketukan
Pulsa disini bukanlah pulsa yang biasa digunakan kita dalam berkomunikasi, pulsa disini mengandung pengertian rangkaian ketukan yang berulang-ulang secara teratur seperti detik jam yang berputar. Kecepatan pulsa ditentukan oleh tempo yang digunakan. Semakin cepat tempo yang digunakan maka akan semakin cepat pula ketukan / pulsa yang dihasilkan.
Begitu pula sebaliknya, semakin
lambat tempo yang dimainkan maka akan semakin lambat pulsa yang dihasilkan.
Dari penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa tempo adalah
kecepatan.gerak.ketukan./.pulsa.
Seiring dengan kemajuan teknologi, kini tempo dapat diukur
dengan menggunakan alat yang bernama metronome yang pertama kali ditemukan oleh
Maelzel. Kecepatan tempo dalam metronome dapat diatur sesuai dengan keinginan
kita. Kecepatan dalam metronome diatur dengan angka mulai dari 40 – 200.
Semakin tinggi angka yang diatur maka semakin cepat tempo yang.dihasilkan.
7.….Tempo
Tempo ialah kecepatan ketukan yang ada
dalam sebuah lagu. Istilah-istilah untuk menunjukkan tempo suatu lagu biasanya
dituliskan menggunakan bahasa Italia.
Istilah-istilah-tersebut.antara.lain.:
Largo…...:.Sangat.lambat
Adagio….:.Lambat
Andante...:.Seperti.orang.berjalan
Moderato.:.Sedang
Allegretto.:.Agak.cepat
Allegro….:.Cepat
Largo…...:.Sangat.lambat
Adagio….:.Lambat
Andante...:.Seperti.orang.berjalan
Moderato.:.Sedang
Allegretto.:.Agak.cepat
Allegro….:.Cepat
Presto…...:.Sangat.cepat
Accel……:.Makin.cepat
Accel……:.Makin.cepat
Rit……….:.Makin.lambat
a.tempo….:.Kembali.ke.tempo.semula
pocco.a.poco.:.Sedikit.demi.sedikit
Fermata.(.$$.).:.Ditahan
a.tempo….:.Kembali.ke.tempo.semula
pocco.a.poco.:.Sedikit.demi.sedikit
Fermata.(.$$.).:.Ditahan
5
8.….Dinamik
Yaitu tanda untuk menyatakan keras atau lembutnya nada yang dimainkan serta tanda untuk menyatakan dengan bagaimana lagu tersebut dimainkan. Istilah-istilah yang digunakan untuk.mengungkapkan.dinamik.antara.lain.:
ff.(.fortississimo.).:.Sangat.keras
f.(.Forte.).:.Keras
mf.(.mezzo-forte.).:.Agak.keras
mp.(.mezzo-piano.).:.Agak.lembut
p.(.piano.).:.Lembut
pp.(.pianissimo.).:.Sangat.lembut
Yaitu tanda untuk menyatakan keras atau lembutnya nada yang dimainkan serta tanda untuk menyatakan dengan bagaimana lagu tersebut dimainkan. Istilah-istilah yang digunakan untuk.mengungkapkan.dinamik.antara.lain.:
ff.(.fortississimo.).:.Sangat.keras
f.(.Forte.).:.Keras
mf.(.mezzo-forte.).:.Agak.keras
mp.(.mezzo-piano.).:.Agak.lembut
p.(.piano.).:.Lembut
pp.(.pianissimo.).:.Sangat.lembut
cresc..(.crescendo.).:.Makin.lama,..makin.keras
decrescendo.:.Makin.lama,makin.lembut
decrescendo.:.Makin.lama,makin.lembut
v
Istilah-istilah.untuk.menyatakan.dengan.bagaimana.lagu.tersebut.dimainkan.:
Dolce……..:.Manis
Con.brio….:.Dengan.berapi-api
Grazioso….:.Manis,.penuh.keindahan
Con.grazia..:.Anggun
Espresifo….:.Ekspresif
Spiritoso…..:.Dengan.bersemangat
Staccato…..:.dimainkan.pendek,.tersentak-sentak
Dolce……..:.Manis
Con.brio….:.Dengan.berapi-api
Grazioso….:.Manis,.penuh.keindahan
Con.grazia..:.Anggun
Espresifo….:.Ekspresif
Spiritoso…..:.Dengan.bersemangat
Staccato…..:.dimainkan.pendek,.tersentak-sentak
9.…Warna.Suara
Setiap alat musik mempunyai warna dan karakter suara yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh perbedaan bahan sumber suara / bunyi sehingga bunyi yang dihasilkan akan mempunyai warna yang berbeda.-Selain-itu,-hal-yang-membuat-warna-suara-menjadi-berbeda adalah.teknik.produksi.nada.yang.digunakan.
Setiap alat musik mempunyai warna dan karakter suara yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh perbedaan bahan sumber suara / bunyi sehingga bunyi yang dihasilkan akan mempunyai warna yang berbeda.-Selain-itu,-hal-yang-membuat-warna-suara-menjadi-berbeda adalah.teknik.produksi.nada.yang.digunakan.
v Macam-macam alat musik berdasarkan bahan
sumber bunyi yang digunakan :…
… a..Alat.musik.dari.bahan.kayu
Kayu adalah bahan pembuat alat musik yang
paling banyak digunakan. Karakter suara yang dihasilkan dari bahan kayu adalah
karakter suara yang halus dan lembut sehingga banyak orang membuat alat musik
dari bahan kayu selain bahan bakunya yang mudah di cari dan kecil resiko untuk
kehilangan bahan baku ini.Contoh alat musik dari bahan dasar kayu banyak
selaki, diantaranya.adalah.:.gitar,.biola,.kecapi,.gambang,.dan.lain-lain. …
b.-Alat-musik-dari-bahan-bambu
Kayu dan bambu disini dibedakan karena karakter suara yang dihasilkanpun cukup berbeda. Bambu mempunyai karakter suara yang lebih khas jika dibandingkan dengan kayu.-Alat-alat-music-yang-bahan-dsarnya-dari-bambu-adalah-suling,angklung.
Kayu dan bambu disini dibedakan karena karakter suara yang dihasilkanpun cukup berbeda. Bambu mempunyai karakter suara yang lebih khas jika dibandingkan dengan kayu.-Alat-alat-music-yang-bahan-dsarnya-dari-bambu-adalah-suling,angklung.
c.-Alat-musik-dari-bahan-dasar-logam
Logam merupakan sesuatu yang bersifat keras dan padat. Hal tersebut menyebabkan karakter suara alat musik yang dihasilkan dari bahan dasar logam adalah karakter suara yang kuat, kasar, dan keras.
Logam merupakan sesuatu yang bersifat keras dan padat. Hal tersebut menyebabkan karakter suara alat musik yang dihasilkan dari bahan dasar logam adalah karakter suara yang kuat, kasar, dan keras.
Contoh alat musik yang berbahan
dasar logam ialah Saron,Gong,-Glockenspiel,-triangle,-kenong,-bonang,-dan-lainnya.
6
10.--irama
Birama adalah suatu garis vertical { | } yang dituliskan untuk membatasi jumlah ketukan / pulsa , ketukan ini berjalan secara baerulang-ulang dan teratur sesuai dengan tempo yang digunakan. Birama ada beberapa macam,
Birama adalah suatu garis vertical { | } yang dituliskan untuk membatasi jumlah ketukan / pulsa , ketukan ini berjalan secara baerulang-ulang dan teratur sesuai dengan tempo yang digunakan. Birama ada beberapa macam,
v
Berikut ini adalah beberapa contoh macam-macam
birama :
1. Birama 2/4
Dalam satu birama terdapat 2 ketukan, Contoh : | 1 2 | 1 2 | 1 2 | 1 2 }
2.
Birama 3/4
Dalam satu birama terdapat 3 ketukan, Contoh : | 1 2 3 | 1 2 3 | 1 2 3 | 1 2 3 }
Dalam satu birama terdapat 3 ketukan, Contoh : | 1 2 3 | 1 2 3 | 1 2 3 | 1 2 3 }
3. Birama 4/4
Dalam satu birama terdapat 4 ketukan, Contoh : | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 }
Dalam satu birama terdapat 4 ketukan, Contoh : | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 }
atas.
|
Melodi ini menggunakan tanda birama 2/4 : 1 | 1 2 | 3 4 | 3 2 | 1 }
Not 5 di atas hanya bernilai 1 ketuk yang seharusnya adalah 2 ketuk, begitu pula pada not trerakhir yang hanya bernilai 1 ketuk, inilah yang disebut dengan birama gantung
………………..
11.…Sistem-penulian-notasi-angka
11.…Sistem-penulian-notasi-angka
Berikut-ini-adalah-beberapa-ketentuan-penulisan-notasi-angka-:
a.-Penulisan-notasinya-menggunakan-angka-1-sampai-7.-Contoh-:-1-2-3-4-5-6-7-1>
b. Untuk membedakan oktaf tinggi dan oktaf rendah digunakan tanda titik ( . ) dibawah angka.untuk ….oktaf yang lebih rendah dan tanda titik di atas angka untuk oktaf yang lebih tinggi.
a.-Penulisan-notasinya-menggunakan-angka-1-sampai-7.-Contoh-:-1-2-3-4-5-6-7-1>
b. Untuk membedakan oktaf tinggi dan oktaf rendah digunakan tanda titik ( . ) dibawah angka.untuk ….oktaf yang lebih rendah dan tanda titik di atas angka untuk oktaf yang lebih tinggi.
… Contoh-: 1< 2< …3< 4< 5< 6< 7< 1 2 3 4 5 6 7
1> 2> 3> 4> 5> 6> 7> 1>>
c.
.Untuk
memperpanjang nilai nada dalam notasi angka adalah dengan menuliskan tanda
titik.(-.-…).
….pada.ketukan.selanjutnya.
d. Untuk menghubungkan nada yang nilainya diperpanjang hingga birama selanjutnya digunakan ….lengkung.legato..Contohnya.:.|.1.2.34.|.4.3.2.1.}
Nada 4 disini diperpanjang pada birama selanjutnya dengan menggunakan lengkung legato ….sehingga.nilainya.menjadi.dua.ketuk.
e. Untuk menaikkan ½ nada dapat dilakukan dengan cara memberi tanda ( / ) pada not yang akan ...-….dinaikkan..Contoh.:.|.1.2.3.4/.|.5.....}.=.Not.4.disamping.dinaikan.setengah.
f. Untuk menurunkan nada ½ digunakan tanda ( \ ) pada not yang akan diturunkan. Contoh :
| 1 7 6 5\ | 6 . . .
d. Untuk menghubungkan nada yang nilainya diperpanjang hingga birama selanjutnya digunakan ….lengkung.legato..Contohnya.:.|.1.2.34.|.4.3.2.1.}
Nada 4 disini diperpanjang pada birama selanjutnya dengan menggunakan lengkung legato ….sehingga.nilainya.menjadi.dua.ketuk.
e. Untuk menaikkan ½ nada dapat dilakukan dengan cara memberi tanda ( / ) pada not yang akan ...-….dinaikkan..Contoh.:.|.1.2.3.4/.|.5.....}.=.Not.4.disamping.dinaikan.setengah.
f. Untuk menurunkan nada ½ digunakan tanda ( \ ) pada not yang akan diturunkan. Contoh :
| 1 7 6 5\ | 6 . . .
7
BAB III
TEATER
A. Pengertian Teater
Romeo and Juliet
(Romeo dan Juliet) adalah
sebuah lakon tragedi karya William Shakespeare.
Tragedi ini mengisahkan sepasang mempelai muda yang saling jatuh cinta namun terhalang karena kedua
keluarga mereka saling bermusuhan. Sandiwara ini untuk pertama kalinya
dipentaskan pada tanggal 29 Januari 1595.
Teater (bahasa Inggris: theater atau theatre, bahasa Perancis théâtre
berasal dari kata theatron (θέατρον) dari bahasa Yunani, yang berarti "tempat untuk menonton").
Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih luas,
teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan,
penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau
audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti).
Proses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau disingkat berteater.
Teater bisa diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti
luas. Teater dalam arti sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan
manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan
pada naskah yang tertulis). Dalam arti luas, teater adalah segala tontonan yang
dipertunjukkan di depan orang banyak contohnya wayang orang, ketoprak, ludruk
dan lain-lain.
v Arti Drama
- Drama berarti perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya.
- Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak.
- Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama.
Dalam bahasa Belanda, drama
adalah toneel, yang kemudian oleh PKG Mangkunegara VII dibuat istilah
Sandiwara.
v Arti Teater
- Secara etimologis: Teater adalah gedung pertunjukan atau auditorium.
- Dalam arti luas: Teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak
- Dalam arti sempit: Teater adalah drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media yaitu percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.
8
v Akting Yang Baik
Akting
tidak hanya berupa dialog saja, tetapi juga berupa gerak.
Dialog yang baik ialah dialog yang:
Dialog yang baik ialah dialog yang:
- Terdengar (volume baik)
- Jelas (artikulasi baik)
- Dimengerti (lafal benar)
- Menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah)
v Gerak
yang balk ialah gerak yang:
- Terlihat (blocking baik)
- Jelas (tidak raguragu, meyakinkan)
- Dimengerti (sesuai dengan hukum gerak dalam kehidupan)
- Menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah)
B. Unsur-Unsur Dalam Teater
v Unsur-unsur dalam teater antara
lain:
1. Naskah atau Skenario
Naskah atau Skenario berisi kisah dengan
nama tokoh dan diaolog yang duicapkan
2. Pemain
Pemain merupakan orang yang memerankan tokoh tertentu. Ada tiga jenis pemain, yaitu peran
utama, peran pembantu dan peran tambahan atau figuran. Dalam film atau sinetron,.pemain biasanya
disebut Aktris untuk perempuan, dan Aktor untuk laki-laki.
3. .Sutradara
.Sutradara adalah orang yang memimpin dan
mengatur sebuah teknik pembuatan atau pementasan
teater.
4. . Properti
.Properti merupakan sebuah perlengkapan
yang diperlukan dalam pementasan teater. …
.Contohnya
kursi, meja, robot, hiasan ruang, dekorasi, dan lain-lain
5. Penataan
Seluruh-pekerja-yang-terkait-dengan-pementasan-teater,-antara-lain:
1. Tata Rias adalah cara mendadndani pemain dalam memerankan tokoh teater agar lebih
1. Tata Rias adalah cara mendadndani pemain dalam memerankan tokoh teater agar lebih
meyakinkan.
2..Tata Busana adalah pengaturan pakaina pemain agar mendukung keadaan yang- ………...menghendaki.-Contohnya-pakaian-sekolah-lain-dengan-pakaian-harian.
3.-Tata-Lampu-adalah-pencahayaan-dipanggung.
4.-Tata-Suara-adalah-pengaturan-pengeras-suara.
2..Tata Busana adalah pengaturan pakaina pemain agar mendukung keadaan yang- ………...menghendaki.-Contohnya-pakaian-sekolah-lain-dengan-pakaian-harian.
3.-Tata-Lampu-adalah-pencahayaan-dipanggung.
4.-Tata-Suara-adalah-pengaturan-pengeras-suara.
9
C. Sejarah Teater
1. Teater musikal
Teater musikal
adalah bentuk teater yang menggabungkan lagu,
dialog ucapan, akting, dan tarian.-Konten-emosionalnya –-humor,-pathos,-cinta,-kemarahan –-serta-ceritanya-dikomunikasikan
melaluikata-kata, musik, gerakan dan aspek teknis hiburan sebagai satu kesatuan
utuh.
Meski teater musikal juga
mencakup bentuk teater lain seperti
opera, hal ini dapat dibedakan dari kepentingan setara terhadap musik
jika dibandingkan dengan dialog, gerakan, dan elemen lain karya tersebut.Sejak
awal abad ke-20, karya pertunjukan teater musikal umumnya hanya disebut "musikal".
The
Black Crook
(1866), dianggap oleh sejumlah sejarawan sebagai musikal pertama di dunia
Musikal dipertunjukkan di seluruh dunia. Musikal bisa diadakan di panggung besar, seperti produksi beranggaran besar teater West End dan Broadway di London dan New York City, atau di teater pagar kecil, produksi Off-Broadway atau teater regional, tur, atau kelompok amatir di sekolah, teater dan ruang pertunjukan lain. Selain Britania dan Amerika Serikat, ada berbagai teater musikal di beberapa negara di Eropa,Amerika-Latin,.Australasia-dan-Asia.
Musikal dipertunjukkan di seluruh dunia. Musikal bisa diadakan di panggung besar, seperti produksi beranggaran besar teater West End dan Broadway di London dan New York City, atau di teater pagar kecil, produksi Off-Broadway atau teater regional, tur, atau kelompok amatir di sekolah, teater dan ruang pertunjukan lain. Selain Britania dan Amerika Serikat, ada berbagai teater musikal di beberapa negara di Eropa,Amerika-Latin,.Australasia-dan-Asia.
Meski musik telah menjadi bagian
dari penampilan dramatis sejak zaman-zaman kuno, teater musikal modern muncul
pada abad ke-19, ditandai dengan karya-karya Gilbert and Sullivan di Britania dan Harrigan and Hart di Amerika Serikat, diikuti berbagai komedi musikal Edward dan karya
pengarang Amerika Serikat seperti George
M. Cohan. Pada awal abad ke-20, musikal Princess Theatre dan acara cerdas lain seperti Of Thee I Sing adalah tahap artistik
yang selangkah di depan revue
dan hiburan-hiburan lain yang mendorong munculnya gebrakan baru seperti Show Boat dan Oklahoma!. Sejumlah musikal terkenal dan ikonik sepanjang
beberapa dasawarsa meliputi West Side
Story, The Fantasticks, Hair, A Chorus Line, Les
Misérables, The Phantom.of.the.Opera,.Rent,.The.Producers.dan.Wicked.
2.. Tragedi
Topeng Dionisos, ditemukan di Myrina (Turki). Terakota, abad ke-1 -
2 SM. Topeng tersebut dipakai dalam drama tragedi pada masa Yunani kuno.
10
Dalam drama Yunani, termasuk
drama tragedi, semua aktornya memakai topeng..
Tragedi
adalah genre drama yang
menceritakan kisah yang menyedihkan. Dalam tragedi, tokohnya biasanya memiliki
kualitas-kualitas yang baik namun mengalami nasib yang buruk dan menyebabkan
dirinya, atau kerabat dan sahabatnya, mengalami masalah. Drama tragedi berasal
dari Yunani kuno dan biasanya
dipentaskan dalam festival keagamaan. Penulia tragedi Yunani yang terkenal
yaitu Aiskhilos, Sofokles, dan Euripides, sedangkan penulis tragedi masa modern yang terkenal
adalah William Shakespeare.
11
BAB III
PENUTUP
Demikianlah makalah yang kami buat ini,
semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf
apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas,
dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari
kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca
demi kesempurnaan makalah ini.
Sekian penutup dari kami semoga dapat
diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar