LAPORAN
WIDYA WISATA
KE JAKARTA
Karya tulis ini disusun untuk
melengkapi tugas
mata pelajaran Bahasa indonesia
SMP Negeri 1 Patimuan
DISUSUN OLEH :
……………………………………………..
SMP
NEGERI 1 PATIMUAN
TAHUN AJARAN 2014/2015
i
PENGESAHAN
Laporan karya tulis ini
di terima dan di syahkan untuk melengkapi tugas pelajaran Bahasa Indonesia SMP
NEGERI 1 PATIMUAN
di syahkan pada:
Hari : ............................................
Tanggal :
.............................................
Bulan :
..............................................
Tahun :
..............................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru pembimbing
............................................. .....................................
ii
PERSEMBAHAN
Karya
tulis ini kami persembahkan kepada :
1.
Bapak Yusup,S.Pd,selaku kepala sekolah
SMP NEGERI 1 PATIMUAN, yang telah memberikan izin di adakannya kegiatan karya
wisata
2. Bapak Aris Raharjo selaku wali kelas IX C
3. Ibu Dra .Sujatmi selaku guru pembimbing
4. Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing
kami selama pelajaran rekreasi
5. Ayah dan Ibu yang telah memberikan izin dorongan
material dan spiritual
iii
MOTTO
v Saya
datang, saya bimbingan, saya ujian, saya revisi dan saya menang.
v Jadilah
seperti karang di lautan yang kuat dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang
bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, karena hidup hanyalah sekali.
Ingat hanya pada Allah apapun dan di manapun kita berada kepada Dia-lah tempat
meminta dan memohon.
v Tidak
ada masalah yang tidak bisa diselesaikan selama ada komitmen bersama untuk
menyelesaikannya.
v Berangkat
dengan penuh keyakinan. Berjalan dengan penuh keikhlasan. Istiqomah dalam
menghadapi cobaan. YAKIN, IKHLAS, ISTIQOMAH.
v Sesali
masa lalu karena ada kekecewaan dan kesalahan-kesalahan, tetapi jadikan
penyesalan itu sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan
lagi.
v Sabar
dalam mengatasi kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah
sesuatu yang utama.
iv
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat,taufik dan
hidayahnya lepada kami sehingga kami dapat menyusun karya tulis ini hingga
selasai.
Karya
tulis yang berjudul “Laporan Widya Wisata ke Jakarta”ini di buat dengan tujuan
untuk memperluas ilmu pengetahuan khususnya dibidang sejarah dan
tekhnologi,serta untuk melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Karya
tulis ini dibuat dengan sederhana mungkin agar pembaca dapat memahami karya
tulis ini dengan mudah .
Kami
ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun
karya tulis ini.dan kami ucapkan selamat membaca semoga karya tulis ini dapat
bermanfaat bagi kita semua. Bila ada kesalahan,Kami mohon maaf
Patimuan,Maret 2015
|
v
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL...................................................................... i
PENGESAHAN..............................................................................
ii
PERSEMBAHAN...........................................................................
iii
MOTO..............................................................................................
iv
KATA PENGANTAR....................................................................
v
DAFTAR ISI...................................................................................
vi
BAB I
PENDAHULUAN..........................................................................
1
A. Latar
belakang ..................................................................... 1
B. Tujuan
kegiatan ................................................................... 1
C. Metode ................................................................................ 1
BAB II
PEMBAHASAN.............................................................................
2
A.
Persiapan.............................................................................. 2
B.
Pemberangkatan................................................................... 2
C.
Lokasi Obyek
Wisata .......................................................... 3
1.
Taman Mini
Indonesia Indah ( TMII )........................... 3
2.
Obyek Wisata Ancol...................................................... 5
3.
Dunia Fantasi
( Dufan ).................................................
6
D.
Selesai
Pelaksanaan Studytour.............................................
8
BAB III
PENUTUP.......................................................................................
9
A.
Kesimpulan.......................................................................... 9
B.
Saran.................................................................................... 9
LAMPIRAN Gambar Foto-foto Obyek wisata............................... 1-6
vi
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Widya wisata merupakan sarana refreshing
social education terhadap aktifitas rutin Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) di sekolah. Oleh sebab itu, pemilihan objek wisata yang
dikunjungi bukan untuk refreshing semata, namun harus ada nilai-nilai social
dan pendidikan supaya dapat menambah hubungan baik antar sesama manusia maupun
lingkungan dan dapat menambah pengetahuan tentang lingkungan sekitar yang dapat
menumbuhkan rasa cinta tanah air karena keindahan alam ataupun nilai sejarah
objek wisata yang dikunjungi.
SMP NEGERI 1 PATIMUAN, sebagai lembaga pendidikan memiliki visi misi yaitu
“Unggul Dalam Mutu Santun Dalam Perilaku”.Untuk mewujudkan visi tersebut,
sekolah memprogramkan kurikulum widya wisata diantara kurikulum lain yang wajib
ditempuh. Wujud nyata dalam pelaksanaan widya wisata yaitu menyusun karya tulis
sebagai laporan pertanggungjawaban atau bukti bahwa penyusun karya tulis telah
mengikuti widya wisata dan adanya kerja sama dari masing-masing siswa untuk
menyusun karya tulis secara berkelompok. Selain itu, karya tulis wajib disusun
karena untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
B. Tujuan Kegiatan
Widya
wisata ini memiliki tujuan antara lain :
1) Menambah
pengetahuan dan wawasan.
2)
Melatih diri untuk bekerja sama khususnya saling menukar informasi antar siswa
dalam
kelompok
maupun diluar kelompok.
3) Menanamkan
rasa tanggung jawab untuk menjalankan semua tugas yang diberikan
C. Metode
Ada beberapa metode
yang kelompok kami lakukanseperti :
1.
Metode Pengamatan, yaitu metode pengamatan
secara langsung ke lokasi obyek wisata.
2. Metode
Internet, membantu mempermudah dalam pencarian informasi situs obyek wisata
3.
Metodee.kelompok, kami dengan berdiskusi berkelompok,
kita bisa menghasilkan sebuah karya yang memuaskan.
1
BAB II
PEMBAHASAN
Kegiatan widyawisata SMP Negeri 1
Patimuan dilaksanakan ke Jakarta pada tanggal 15 Juni 2014 sampai dengan tanggal 17 Juni 2014. Kegiatan tersebut berdasarkan jadwal sebagai berikut
A.
Persiapan
Pada tanggal 15 Juni 2014 kami mulai melakukan
persiapan untuk mengikuti Studytour yang diadakan oleh sekolah kami dengan
tujuan wisata ke Jakarta. Karena kami berangkat malam, jadi kami di siang hari
melakukan persiapan dan menyiapkan perlengkapan dan perbekalan yang di perlukan
untuk Studytour. Setelah selesai kami berangkat ke Sekolah dan berkumpul dahulu
di Aula SMP Negeri 1 Patimuan pada pukul 19.00 WIB untuk diberi pengarahan
seputar perjalanan menuju ke lokasi yang dituju.
B.
Pemberangkatan.
Pada saat diperjalanan kami tidak bisa melihat
dengan jelas karena sudah larut malam. dan sekitar pukul 22.30 WIB Bus kami
berhenti di sebuah SPBU karena akan mengisi bahan Bakar Minyak dan beristirahat
sejenak. Selesai pengisian BBM, bus kami segera di berangkatkan kembali untuk
melanjutkan perjalanannya ke Jakarta.
Sekitar pukul 02.00 WIB Bus kami berhenti lagi di
sebuah tempat khusus pemberhentian Bus sekaligus tempat makan para penumpang
bus. Sekitar kurang lebih 15 menit bagi kami dan juga teman selesai acara
makan-makan, Bus segera di berangkatkan kembali melanjutkan perjalanannya.
Berhubung waktu masih larut malam dan kami merasa mengantuk jadi kami pun
tertidur, tanpa kami sadari perjalanan hampir tiba ditempat tujuan, namun bus
berhenti sejenak di Tol 97 KM, pada pukul 04.00 WIB untuk melakukan ibadah
sholat subuh dan sambil menunggu waktu pagi agar kami tepat waktu di tempat
Obyek wisata pertama yang dituju.
2
C.
Lokasi Obyek Wisata
1.
Taman
Mini Indonesia indah ( TMII )
Setelah cukup pagi, kami
melanjutkan perjalanan hingga akhirnya Bus kami tiba di Obyek wisata yang
pertama yaitu di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ). Di tempat obyek wisata
TMII tersebut terdapat berbagai rumah adat sambil melihat suasana seputaran
daerah TMII, kami lupa mendengarkan arahan dan penjelasan pemandu wisata dari bus kami tentang latar
belakang atau sejarah TMII. Tanpa kami sadari kami telah sampai di tempat
parkiran bus dan kami pun mandi disana, setelah selesai mandi kami semua
peserta Studytour berkumpul di Tugu
Pancasila untuk sarapan pagi. Selesai itu kami berjalan-jalan mengelilingi
TMII.
Taman Mini Indonesia Indah (TMII).yang
merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta
Timur. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang
mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang
ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan
aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII
terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di
tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan
Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai
salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.
v Sejarah TMII
Menurut sumber, gagasan pembangunan suatu miniatur yang
memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu
Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu
Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8
Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa
bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah
suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia
Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.
TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan
pada tanggal 20
April 1975.
Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi
modern diperagakan di areal seluas 150 hektare. Aslinya topografi TMII agak
berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang
memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang
alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di
Indonesia.
3
v Logo dan maskot
TMII memiliki logo
yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari "Taman Mini
Indonesia Indah". Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang
dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini "Indonesia Indah"
ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi
windu usia TMII, pada tahun 1991.
v Pengunjung
Pengunjung
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selalu meningkat setiap tahunnya. Namun untuk
tahun 2014 kemarin pengunjung mencapai lima juta lebih. Tapi itu dihitung yang
bayar tiket. Sedangkan, bila dijumlahkan dengan pengunjung yang tidak membayar
tiket bisa tembus enam juta lebih. Hal itu dikarenakan terutama pada saat momen
hari besar agama misalnya, pengunjung memang dipersilakan masuk gratis. Misalnya
untuk menjalankan aktivitas keagamaan-atau-beberapa-momen-lainnya-yang-digratiskan-TMII.
Menjelang pergantian tahun
baru juga, pengunjung TMII telah melebihi target yaitu sekitar 80 ribu
pengunjung. Dan untuk menyambut itu, TMII juga tidak tinggal diam. Pihak Manajemen TMII mempersiapkan berbagai
inovasi mulai dari teknologi maupun peningkatan kualitas fasilitas wahana dan
pagelaran program. Ia menambahkan, untuk strategi promosi memang selain TMII
telah gencar tetapi juga disebabkan menurutnya dengan usia dan jam terbang TMII,
sudah tidak diragukan publik. Terlebih wisatawan mancanegara (Wisman) yang
mengunjungi Indonesia pada umumnya merasa belum lengkap jika tidak mengunjungi
TMII. Apalagi wisman yang memang ingin mengetahui setidaknya miniatur
Indonesia, akan memastikan dirinya wajib mengunjungi.TMII. Untuk pengunjung lokal dari semua
provinsi terutama didominasi pulau Jawa. Untuk wisman terbanyak dari Asia,
sementara untuk Eropa kurang mungkin karena sedang krisis juga.
Demikian
informasi singkat menurut sumber yang kami dapat mengenai tentang TMII. Mengingat waktu sudah cukup siang, kami pun melanjutkan
perjalanan ketempat wisata yang ke dua sebelum sampai tujuan kami sempet
melihat-lihat wilayah kota Jakarta seperti Bundaran HI ( Hotel Indonesia ),
gedung KPK ( komisi Pemberantasan Korupsi ), Pertamina , Masjid Istiqlal dan
tanpa kami sadari kami telah sampai tujuan wisata ke dua yaitu Ancol.
4
2.
Obyek
wisata Ancol
Setiba Ancol, kami langsung turun dari Bus untuk
berjalan-jalan ingin menikmati berbagai
suasana di wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola Ancol. Taman dan pantai merupakan wahana hiburan yang
menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia. Pantai dan
Taman memiliki 5 pantai (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach
Club) dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 km, dengan promenade sepanjang
4 km. Pantai ini letaknya dekat dengan Dufan, pada sore
hari pa ra turis-turis menikmati indahnya pantai ancol terutama menantikan
saat-saat akan terbenamnya matahari. Di pantai ini suasananya sangat sejuk
sehingga menarik wisatawan.
v Sejarah
Menurut sumber, sejak
awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol
sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi
DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT
Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang
dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta
daya beli masyarakat. Sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat
pada tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah
menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal
10 Juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan
saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda
DKI Jakarta.
Pada 2 Juli 2004 Ancol
melakukan “go public” dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol
Tbk., dengan kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT
Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah “go public” ini dilakukan
untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan, karena akan lebih terkontrol,
terukur, efisien dan efektif dengan tingkat profesionalisme yang tinggi serta
menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif
ini akan menjadikan perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara sehat pada
masa depan. PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk juga melakukan upaya repositioning
dengan diluncurkannya logo Ancol yang baru pada 10 Juli 2005
Objek wisata di Ancol
dikelola oleh anak
perusahaannya terutama oleh PT Taman Impian Jaya Ancol (“TIJA”) yang meliputi
pengelolaan kawasan pariwisata (rekreasi dan resor) dan kegiatan usaha
penunjang: entertainment, konvensi dan wisata belanja. PJAA mengelola “area pariwisata
terintegrasi” seluas 552 Ha, lokasi dekat pantai, terbaik di Jakarta dengan
kemudahan akses melalui jalan tol, busway dan kereta api.
5
3.
Dunia fantasi ( DUFAN )
Dalam perjalanan dari Ancol menuju Dufan hanya
membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja kami sampai di Dufan. disana kami
menikmati berbagai wahana yang ada.
v Lokasi
Dunia Fantasi
terletak tidak jauh dari Ancol Bay, kemudian digabung diatas tanah seluas
287 Ha. Jumlah
pegunjung wisatawan tiap hari rata-rata
mencapai 8.000 – 11.000 orang
dan diresmikan
pada tanggal 25 agustus 1985.
v Ciri khas Dunia
Fantasi ( Dufan )
Dufan mempunyai keajaiban dan
kegembiraan yang membuat pengunjung me rasa puas dan
senang, baik
pengunjung dalam negri maupun mancanegara.
v Obyek-obyek
permainan Dufan
Obyek-obyek permainan dufan yaitu suatu
cara yang mampu membuat pe ngunjung mertasa
gembira, takut,menantang dan memuaskan.
Adapun permainan-permainan yang ada di
Dufan antara lain :
1.
Biang lala
Permainan tersebut berbentuk lingkaran
yang terbuat dari besi dengan alat putar tenaga listrik,dan dipermainan ini
kita dapat melihat seluruh bagian kota Jakarta sekaligus pantai yang indah.
2.
Kereta
Halilintar
Permainan tersebut adalah permainan yang
sangat menantang,sehingga pengunjung yang ikut didalamnya merasa takut tetapi
ada pula pengunjung yang merasa senang dan menikmati permainan kereta
halilintar tersebut.
3.
Rumah miring
Rumah miring ini sebenarnya tegak, akan
tetapi hanya didalamnya yang terdapat tangga yang berposisi miring, maka jika
kita menaiki tangga tersebut rumah itu akan kelihatan miring.
4.
Misteri
Permainan ini sangat menyeramkan, karena
menggambarkan dunia gaib dengan seolah-olah kita melihat makhluk gaib yang
nyata.
6
5.
Rumah kaca
Rumah kaca adalah rumah yang dindingnya
terbuat dari kaca, sehingga ba yangan diri kita dapat terpantulkan.
6.
Gajah terbang
Gajah terbang adalah permainan yang naik
turun seperti ombak laut yang membuat pengunjung merasa senang.
7.
Arum jeram
Permainan ini sangat menyenangkan karena
terdapat arum jeram, sungai buatan yang membuat pengunjung yang meniakinya akan
basah.
8.
Perahu ayun (
Kora-kora )
Perahu ayun / kora-kora adalah permainan
yang diayun menggunakan lis trik. Permainan ini seperti ayunan yang membuat
pengunjung yang menai kinya merasa ketakutan dan menjerit. Jika kita naik
perahu ayun ini jantung kita terasa akan copot,namun disisi lain permainan ini
menyenangkan.
9.
Kursi terbang
Kursi terbang ini dapat beterbangan di
udara, permainan ini menggunakan tenaga listrik. Kursi ini berputar sangat
kencang dan membuat pengunjung yang menaikinya merasa takut.
10. Video game
Permainan ini sangat mengasikan, karena
permainan ini kita dapat menik mati permainan seperti motor balap.
11. Mobil senggol
Permainan ini sangat mengasyikan dan
membuat pengunjung merasa senang. Cara kerja mobil ini sangat otomatis dengan
tenaga listrik yang di sangkutkan ke kawat-kawat.
12. Istana boneka
Istana boneka adalah tempat yang
didalamnya terdapat berbagai macam boneka yang menggambarkan kebudayaan penjuru
dunia.
13. Perang bintang
Permainan ini sangat memuaskan dan
menyenangkan hati pengunjung. Dalam permainan ini kita berperang melawan
monster atau makhluk lain nya.
14. Panggung gembira
Panggung gembira adalah panggung dimana
putra dan putrid Indonesia dapat mementaskan seperti menari dan menyanyi,
panggung ini juga di gunakan untuk pentas band.
7
D.
Selesai pelaksanaan Studytour
Tidak terasa kami sadari bahwa waktu sudah terlalu
sore, kamipun bergegas menuju pintu keluar dan menuju ke sekitar Pantai Ancol
untuk melakukan berbagai aktifitas seperti : mandi, sholat maghrib dan makan
malam. setelah malam kami pun bersantai menikmati udara yang segar, sesambil kami
bersantai kami mengikuti undian yang diadakan oleh panitia studytour. Setelah
selesai kami bergegas untuk pulang ke rumah. Karena terlalu lelah kamipun
tertidur di bus, dan tanpa kami sadari kami telah sampai di pusat perbelanjaan
oleh-oleh. Disana kami membeli berbagai jenis oleh-oleh. setelah itu kamipun
melanjutkan perjalanan pulang sebelum sampai ditujuan kami berhenti sejenak
untuk beristirahat dan melekukan ibadah sholat subuh. Setelah selesai karena
kami masih terlalu lelah, jadi kami beristirahat sejenak untuk melepaskan
lelah. Kami disana cukup lama dan setelah kami merasa sudah tidak lelah lagi
akhirnya kamipun melanjutkan perjalanan pulang. tanpa kami sadari kami telah
sampai di sekolah dan kami pulang semua kerumah masing-masing.
8
BAB III
PENUTUP
v Kesimpulan
Setelah kami mengikuti
Stadytour ke Jakarta, kami dapat membuat kesimpulan tersebut …..sebagai berikut :
1.
Di obyek wisata
kami dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di kota Jakarta.
2.
Dengan berwisata
ke obyek yang kami kunjungi dapat mengetahui sejarah berdirinya TMII, Ancol dan
dufan,
3.
Dapat menambah
pengalaman tentang wisata ke kota Jakarta dan menambah Pengetahuan, serta
memberi kegembiraan bagi kami peserta wisata ke kota Jakarta.
B. Saran
Setelah kami mengikuti
wisata ke kota Jakarta kami berhasil menarik kesimpulan dan dapat …..memberi saran bagi
kalian semua sebagai berikut :
1.
Pelaksanaan
Studytour hendaknya direncanakan secara matang agar menjadi lebih baik.
2.
Aktifitas
pembimbing sangat dibutuhkan,agar peserta Studytour tidak hilang ditengah
keramaian.
3.
Sebaiknya
dilokasi yang mengandung sejarah lebih dipahami dibanding hiburan karena dapat
menambah pengetahuan dan wawasan.
9
LAMPIRAN 1
Logo TMII
Keong Mas TMII
Museum TMII Asmat
LAMPIRAN 2
Tugu Pancasila TMII
Tempat Peribadatan TMII
Museum Telekomunikasi TMII
LAMPIRAN 3
Snow bay TMII
Rumah Adat Jambi
Pendopo/ Tempat seni TMII
LAMPIRAN 4
ANCOL DAN DUFAN
Kora-kora
Theme park ANCOL
LAMPIRAN 5
Pontang-panting
Anting-anting
Bianglala
LAMPIRAN 6
Gajah terbang
Tornado
Kereta halilintar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar