Selasa, 10 Maret 2015

Laporan widya wisata ke Jakarta TMII, Ancol dan Dufan

LAPORAN
WIDYA WISATA KE  JAKARTA
Karya tulis ini disusun untuk melengkapi tugas
mata pelajaran Bahasa indonesia
SMP Negeri 1 Patimuan

DISUSUN OLEH :
……………………………………………..

SMP NEGERI 1 PATIMUAN
TAHUN AJARAN 2014/2015
i

PENGESAHAN

Laporan karya tulis ini di terima dan di syahkan untuk melengkapi tugas pelajaran Bahasa Indonesia SMP NEGERI 1 PATIMUAN
di syahkan pada:
Hari                      : ............................................
Tanggal                : .............................................
Bulan                   : ..............................................
Tahun                  : ..............................................

Mengetahui
          Kepala Sekolah                                                                Guru pembimbing

.............................................                                                     .....................................

ii
PERSEMBAHAN

Karya tulis ini kami persembahkan kepada :
1.      Bapak Yusup,S.Pd,selaku kepala sekolah SMP NEGERI 1 PATIMUAN, yang telah memberikan izin di adakannya kegiatan karya wisata
2.   Bapak Aris Raharjo selaku wali kelas IX C
3.   Ibu Dra .Sujatmi selaku guru pembimbing
4.   Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing kami selama pelajaran rekreasi
5.   Ayah dan Ibu yang telah memberikan izin dorongan material dan spiritual

iii
MOTTO

v  Tiada doa yg lebih indah selain doa agar skripsi ini cepat selesai.
v  Saya datang, saya bimbingan, saya ujian, saya revisi dan saya menang.
v  Jadilah seperti karang di lautan yang kuat dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, karena hidup hanyalah sekali. Ingat hanya pada Allah apapun dan di manapun kita berada kepada Dia-lah tempat meminta dan memohon.
v  Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan selama ada komitmen bersama untuk menyelesaikannya.
v  Berangkat dengan penuh keyakinan. Berjalan dengan penuh keikhlasan. Istiqomah dalam menghadapi cobaan. YAKIN, IKHLAS, ISTIQOMAH.
v  Sesali masa lalu karena ada kekecewaan dan kesalahan-kesalahan, tetapi jadikan penyesalan itu sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan lagi.
v  Sabar dalam mengatasi kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.

iv
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat,taufik dan hidayahnya lepada kami sehingga kami dapat menyusun karya tulis ini hingga selasai.
Karya tulis yang berjudul “Laporan Widya Wisata ke Jakarta”ini di buat dengan tujuan untuk memperluas ilmu pengetahuan khususnya dibidang sejarah dan tekhnologi,serta untuk melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Karya tulis ini dibuat dengan sederhana mungkin agar pembaca dapat memahami karya tulis ini dengan mudah .
Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun karya tulis ini.dan kami ucapkan selamat membaca semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila ada kesalahan,Kami mohon maaf

Patimuan,Maret 2015
  Penyusun

v
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL......................................................................         i
PENGESAHAN..............................................................................       ii
PERSEMBAHAN...........................................................................      iii
MOTO..............................................................................................      iv
KATA PENGANTAR....................................................................       v
DAFTAR ISI...................................................................................      vi
BAB I
PENDAHULUAN..........................................................................       1
A.  Latar belakang .....................................................................        1
B.  Tujuan kegiatan ...................................................................        1
C.  Metode ................................................................................        1
BAB II
PEMBAHASAN.............................................................................       2
A.    Persiapan..............................................................................        2
B.     Pemberangkatan...................................................................        2
C.     Lokasi Obyek Wisata ..........................................................        3
1.      Taman Mini Indonesia Indah ( TMII )...........................        3
2.      Obyek Wisata Ancol......................................................        5
3.      Dunia Fantasi ( Dufan ).................................................       6
D.    Selesai Pelaksanaan Studytour.............................................       8
BAB III
PENUTUP.......................................................................................       9
A.    Kesimpulan..........................................................................        9
B.     Saran....................................................................................        9
LAMPIRAN Gambar Foto-foto Obyek wisata...............................     1-6

vi
BAB 1
PENDAHULUAN

A.      Latar belakang
          Widya wisata merupakan sarana refreshing social education terhadap aktifitas rutin Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Oleh sebab itu, pemilihan objek wisata yang dikunjungi bukan untuk refreshing semata, namun harus ada nilai-nilai social dan pendidikan supaya dapat menambah hubungan baik antar sesama manusia maupun lingkungan dan dapat menambah pengetahuan tentang lingkungan sekitar yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air karena keindahan alam ataupun nilai sejarah objek wisata yang dikunjungi.
          SMP NEGERI 1 PATIMUAN, sebagai lembaga pendidikan memiliki visi misi yaitu “Unggul Dalam Mutu Santun Dalam Perilaku”.Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah memprogramkan kurikulum widya wisata diantara kurikulum lain yang wajib ditempuh. Wujud nyata dalam pelaksanaan widya wisata yaitu menyusun karya tulis sebagai laporan pertanggungjawaban atau bukti bahwa penyusun karya tulis telah mengikuti widya wisata dan adanya kerja sama dari masing-masing siswa untuk menyusun karya tulis secara berkelompok. Selain itu, karya tulis wajib disusun karena untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
B.   Tujuan Kegiatan
Widya wisata ini memiliki tujuan antara lain :
1)    Menambah pengetahuan dan wawasan.
2)    Melatih diri untuk bekerja sama khususnya saling menukar informasi antar siswa dalam
       kelompok maupun diluar kelompok.
3)    Menanamkan rasa tanggung jawab untuk menjalankan semua tugas yang diberikan
C.  Metode
Ada beberapa metode yang kelompok kami lakukanseperti :
1.      Metode Pengamatan, yaitu metode pengamatan secara langsung ke lokasi obyek wisata.
2.      Metode Internet, membantu mempermudah dalam pencarian informasi situs obyek wisata
3.      Metodee.kelompok, kami dengan berdiskusi berkelompok, kita bisa menghasilkan sebuah karya yang memuaskan.

BAB II
PEMBAHASAN

Kegiatan widyawisata SMP Negeri 1 Patimuan dilaksanakan ke Jakarta pada tanggal 15 Juni 2014 sampai dengan tanggal 17 Juni 2014. Kegiatan tersebut berdasarkan jadwal sebagai berikut
A.    Persiapan
Pada tanggal 15 Juni 2014 kami mulai melakukan persiapan untuk mengikuti Studytour yang diadakan oleh sekolah kami dengan tujuan wisata ke Jakarta. Karena kami berangkat malam, jadi kami di siang hari melakukan persiapan dan menyiapkan perlengkapan dan perbekalan yang di perlukan untuk Studytour. Setelah selesai kami berangkat ke Sekolah dan berkumpul dahulu di Aula SMP Negeri 1 Patimuan pada pukul 19.00 WIB untuk diberi pengarahan seputar perjalanan menuju ke lokasi yang dituju.
B.     Pemberangkatan.
Pada saat diperjalanan kami tidak bisa melihat dengan jelas karena sudah larut malam. dan sekitar pukul 22.30 WIB Bus kami berhenti di sebuah SPBU karena akan mengisi bahan Bakar Minyak dan beristirahat sejenak. Selesai pengisian BBM, bus kami segera di berangkatkan kembali untuk melanjutkan perjalanannya ke  Jakarta.
Sekitar pukul 02.00 WIB Bus kami berhenti lagi di sebuah tempat khusus pemberhentian Bus sekaligus tempat makan para penumpang bus. Sekitar kurang lebih 15 menit bagi kami dan juga teman selesai acara makan-makan, Bus segera di berangkatkan kembali melanjutkan perjalanannya. Berhubung waktu masih larut malam dan kami merasa mengantuk jadi kami pun tertidur, tanpa kami sadari perjalanan hampir tiba ditempat tujuan, namun bus berhenti sejenak di Tol 97 KM, pada pukul 04.00 WIB untuk melakukan ibadah sholat subuh dan sambil menunggu waktu pagi agar kami tepat waktu di tempat Obyek wisata pertama yang dituju.

C.    Lokasi Obyek Wisata

1.      Taman Mini Indonesia indah ( TMII )
Setelah cukup pagi, kami melanjutkan perjalanan hingga akhirnya Bus kami tiba di Obyek wisata yang pertama yaitu di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ). Di tempat obyek wisata TMII tersebut terdapat berbagai rumah adat sambil melihat suasana seputaran daerah TMII, kami lupa mendengarkan arahan dan penjelasan  pemandu wisata dari bus kami tentang latar belakang atau sejarah TMII. Tanpa kami sadari kami telah sampai di tempat parkiran bus dan kami pun mandi disana, setelah selesai mandi kami semua peserta Studytour  berkumpul di Tugu Pancasila untuk sarapan pagi. Selesai itu kami berjalan-jalan mengelilingi TMII.
Taman Mini Indonesia Indah (TMII).yang merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

v  Sejarah TMII

Menurut sumber, gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.
TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektare. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.

v  Logo dan maskot

TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari "Taman Mini Indonesia Indah". Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini "Indonesia Indah" ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

v  Pengunjung

Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selalu meningkat setiap tahunnya. Namun untuk tahun 2014 kemarin pengunjung mencapai lima juta lebih. Tapi itu dihitung yang bayar tiket. Sedangkan, bila dijumlahkan dengan pengunjung yang tidak membayar tiket bisa tembus enam juta lebih. Hal itu dikarenakan terutama pada saat momen hari besar agama misalnya, pengunjung memang dipersilakan masuk gratis. Misalnya untuk menjalankan aktivitas keagamaan-atau-beberapa-momen-lainnya-yang-digratiskan-TMII.
           Menjelang pergantian tahun baru juga, pengunjung TMII telah melebihi target yaitu sekitar 80 ribu pengunjung. Dan untuk menyambut itu, TMII juga tidak tinggal diam.  Pihak Manajemen TMII mempersiapkan berbagai inovasi mulai dari teknologi maupun peningkatan kualitas fasilitas wahana dan pagelaran program. Ia menambahkan, untuk strategi promosi memang selain TMII telah gencar tetapi juga disebabkan menurutnya dengan usia dan jam terbang TMII, sudah tidak diragukan publik. Terlebih wisatawan mancanegara (Wisman) yang mengunjungi Indonesia pada umumnya merasa belum lengkap jika tidak mengunjungi TMII. Apalagi wisman yang memang ingin mengetahui setidaknya miniatur Indonesia, akan memastikan dirinya wajib mengunjungi.TMII. Untuk pengunjung lokal dari semua provinsi terutama didominasi pulau Jawa. Untuk wisman terbanyak dari Asia, sementara untuk Eropa kurang mungkin karena sedang krisis juga.

Demikian informasi singkat menurut sumber yang kami dapat mengenai tentang TMII. Mengingat  waktu sudah cukup siang, kami pun melanjutkan perjalanan ketempat wisata yang ke dua sebelum sampai tujuan kami sempet melihat-lihat wilayah kota Jakarta seperti Bundaran HI ( Hotel Indonesia ), gedung KPK ( komisi Pemberantasan Korupsi ), Pertamina , Masjid Istiqlal dan tanpa kami sadari kami telah sampai tujuan wisata ke dua yaitu Ancol.

2.      Obyek wisata Ancol
Setiba Ancol,  kami langsung turun dari Bus untuk berjalan-jalan  ingin menikmati berbagai suasana di wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola Ancol.  Taman dan pantai merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia. Pantai dan Taman memiliki 5 pantai (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club) dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 km, dengan promenade sepanjang 4 km. Pantai ini letaknya dekat dengan Dufan, pada sore hari pa ra turis-turis menikmati indahnya pantai ancol terutama menantikan saat-saat akan terbenamnya matahari. Di pantai ini suasananya sangat sejuk sehingga menarik wisatawan.
v  Sejarah
Menurut sumber, sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat. Sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat pada tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.
Pada 2 Juli 2004 Ancol melakukan “go public” dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk., dengan kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah “go public” ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan, karena akan lebih terkontrol, terukur, efisien dan efektif dengan tingkat profesionalisme yang tinggi serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan menjadikan perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara sehat pada masa depan. PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo Ancol yang baru pada 10 Juli 2005
Objek wisata di Ancol dikelola oleh anak perusahaannya terutama oleh PT Taman Impian Jaya Ancol (“TIJA”) yang meliputi pengelolaan kawasan pariwisata (rekreasi dan resor) dan kegiatan usaha penunjang: entertainment, konvensi dan wisata belanja. PJAA mengelola “area pariwisata terintegrasi” seluas 552 Ha, lokasi dekat pantai, terbaik di Jakarta dengan kemudahan akses melalui jalan tol, busway dan kereta api.
3.      Dunia fantasi ( DUFAN )
Dalam perjalanan dari Ancol menuju Dufan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja kami sampai di Dufan. disana kami menikmati berbagai wahana yang ada.
v  Lokasi
Dunia Fantasi terletak tidak jauh dari Ancol Bay, kemudian digabung diatas tanah seluas
287 Ha. Jumlah pegunjung wisatawan  tiap hari rata-rata mencapai 8.000 – 11.000 orang
dan diresmikan pada tanggal 25 agustus 1985.
v  Ciri khas Dunia Fantasi ( Dufan )
Dufan mempunyai keajaiban dan kegembiraan yang membuat pengunjung me rasa puas dan
senang, baik pengunjung dalam negri maupun mancanegara.
v  Obyek-obyek permainan Dufan
Obyek-obyek permainan dufan yaitu suatu cara yang mampu membuat pe ngunjung mertasa
gembira, takut,menantang dan memuaskan.
      Adapun permainan-permainan yang ada di Dufan antara lain :
1.      Biang lala
Permainan tersebut berbentuk lingkaran yang terbuat dari besi dengan alat putar tenaga listrik,dan dipermainan ini kita dapat melihat seluruh bagian kota Jakarta sekaligus pantai yang indah.
2.      Kereta Halilintar
Permainan tersebut adalah permainan yang sangat menantang,sehingga pengunjung yang ikut didalamnya merasa takut tetapi ada pula pengunjung yang merasa senang dan menikmati permainan kereta halilintar tersebut.
3.      Rumah miring
Rumah miring ini sebenarnya tegak, akan tetapi hanya didalamnya yang terdapat tangga yang berposisi miring, maka jika kita menaiki tangga tersebut rumah itu akan kelihatan miring.
4.      Misteri
Permainan ini sangat menyeramkan, karena menggambarkan dunia gaib dengan seolah-olah kita melihat makhluk gaib yang nyata.

5.      Rumah kaca
Rumah kaca adalah rumah yang dindingnya terbuat dari kaca, sehingga ba yangan diri kita dapat terpantulkan.
6.      Gajah terbang
Gajah terbang adalah permainan yang naik turun seperti ombak laut yang membuat pengunjung merasa senang.
7.      Arum jeram
Permainan ini sangat menyenangkan karena terdapat arum jeram, sungai buatan yang membuat pengunjung yang meniakinya akan basah.
8.      Perahu ayun ( Kora-kora )
Perahu ayun / kora-kora adalah permainan yang diayun menggunakan lis trik. Permainan ini seperti ayunan yang membuat pengunjung yang menai kinya merasa ketakutan dan menjerit. Jika kita naik perahu ayun ini jantung kita terasa akan copot,namun disisi lain permainan ini menyenangkan.
9.      Kursi terbang
Kursi terbang ini dapat beterbangan di udara, permainan ini menggunakan tenaga listrik. Kursi ini berputar sangat kencang dan membuat pengunjung yang menaikinya merasa takut.
10.  Video game
Permainan ini sangat mengasikan, karena permainan ini kita dapat menik mati permainan seperti motor balap.
11.  Mobil senggol
Permainan ini sangat mengasyikan dan membuat pengunjung merasa senang. Cara kerja mobil ini sangat otomatis dengan tenaga listrik yang di sangkutkan ke kawat-kawat.
12.  Istana boneka
Istana boneka adalah tempat yang didalamnya terdapat berbagai macam boneka yang menggambarkan kebudayaan penjuru dunia.
13.  Perang bintang
Permainan ini sangat memuaskan dan menyenangkan hati pengunjung. Dalam permainan ini kita berperang melawan monster atau makhluk lain nya.
14.  Panggung gembira
Panggung gembira adalah panggung dimana putra dan putrid Indonesia dapat mementaskan seperti menari dan menyanyi, panggung ini juga di gunakan untuk pentas band.
D.   Selesai pelaksanaan Studytour
Tidak terasa kami sadari bahwa waktu sudah terlalu sore, kamipun bergegas menuju pintu keluar dan menuju ke sekitar Pantai Ancol untuk melakukan berbagai aktifitas seperti : mandi, sholat maghrib dan makan malam. setelah malam kami pun bersantai menikmati udara yang segar, sesambil kami bersantai kami mengikuti undian yang diadakan oleh panitia studytour. Setelah selesai kami bergegas untuk pulang ke rumah. Karena terlalu lelah kamipun tertidur di bus, dan tanpa kami sadari kami telah sampai di pusat perbelanjaan oleh-oleh. Disana kami membeli berbagai jenis oleh-oleh. setelah itu kamipun melanjutkan perjalanan pulang sebelum sampai ditujuan kami berhenti sejenak untuk beristirahat dan melekukan ibadah sholat subuh. Setelah selesai karena kami masih terlalu lelah, jadi kami beristirahat sejenak untuk melepaskan lelah. Kami disana cukup lama dan setelah kami merasa sudah tidak lelah lagi akhirnya kamipun melanjutkan perjalanan pulang. tanpa kami sadari kami telah sampai di sekolah dan kami pulang semua kerumah masing-masing.

BAB III
PENUTUP

v  Kesimpulan
Setelah kami mengikuti Stadytour ke Jakarta, kami dapat membuat kesimpulan tersebut    …..sebagai berikut :
1.      Di obyek wisata kami dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di kota Jakarta.
2.      Dengan berwisata ke obyek yang kami kunjungi dapat mengetahui sejarah berdirinya TMII, Ancol dan dufan,
3.      Dapat menambah pengalaman tentang wisata ke kota Jakarta dan menambah Pengetahuan, serta memberi kegembiraan bagi kami peserta wisata ke kota Jakarta.
B.   Saran
Setelah kami mengikuti wisata ke kota Jakarta kami berhasil menarik kesimpulan dan dapat …..memberi saran bagi kalian semua sebagai berikut :
1.      Pelaksanaan Studytour hendaknya direncanakan secara matang agar menjadi lebih baik.
2.      Aktifitas pembimbing sangat dibutuhkan,agar peserta Studytour tidak hilang ditengah keramaian.
3.      Sebaiknya dilokasi yang mengandung sejarah lebih dipahami dibanding hiburan karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan.